Pesan Produk Sekarang

Cara Mendidik Anak Yang Baik

Anak adalah sebuah amanah yang wajib bagi orangtua untuk menjaga dan mendidiknya, berikut ini merupakan tahapan-tahapan cara mendidik anak yang benar:
Dimulai dari setelah lahir sampai umur 5 tahun, utamakan pendidikan karakter kepada anak seperti tanamkan kepada anak untuk menjadi anak yang jujur, rajin, disiplin serta jangan lupa kenalkan kepada anak yaitu siapa tuhannya, apa agamanya, apa panutannya, siapa nabinya, kemudian bimbing anak untuk menghafal surat-surat pendek tentunya dengan cara yang mudah dan menyenangkan seperti melagukan surat-surat itu atau membuat sebuah game sederhana agar mudah diingat oleh si anak.
Kemudian menginjak umur sekolah dasar atau umur 5-12 tahun. Tetap berikan pendidikan karakter kepada anak tentunya dengan pengertian-pengertian yang lebih mendetail. Jangan lupa ajari anak membaca Al-Qur'an dan menghafalnya sedikit-sedikit. Ajarkan baik, benar, salah kepada anak. Utamakan mendidik mental dan karakter anak terlebih dahulu. Dan tentunya tak lupa ajarkan beberapa ilmu umum kepada anak tetapi sekedarnya saja jangan terlalu memaksakan kepada anak untuk menjadi pintar atau juara kelas.
Menginjak umur 12-17 atau remaja, pendidikan karakter masih tetap diperlukan, anak masih harus selalu dibimbing dan diberi contoh-contoh motivasi yang baik. Kemudian mulai sibukkan anak dengan mengikutkan extra kurikuler atau ketrampilan-ketrampilan yang dapat menunjang kesehatan atau ketrampilan anak. Banyak ikutkan anak extra kurikuler seperti olahraga beladiri, basket, sepak bola, bulutangkis, atau renang, namun jika ingin mencontoh nabi atau ikut sunah nabi, maka ajari anak menunggang kuda atau memanah. Jangan lupa bimbing anak agar bisa menjadi penghafal Al Qur'an. Jangan lupa juga jadikan membaca sebagai salah satu hobinya. Karena membaca adalah jendela dunia.
Umur 18 tahun keatas, karakter anak sudah matang dan dia telah siap menjadi orang dewasa yang dapat diandalkan, dan insyaalah dengan karakter yang telah dididik sejak kecil, dia tidak akan mudah terpengaruh oleh lingkungan yang tidak sesuai dengan karakter dia. Di umur dan karakter yang sudah matang ini, dari sini mulai pacu semangat anak untuk jadi pintar dan juara, dan anak akan siap untuk menyongsong masa depan karena bisa dilihat dari pikiran yang masih fresh, tenaga yang masih fresh belum terlalu diforsir dari kecil.
Insyaalah dengan metode mendidik anak yang benar ini maka baik anak ataupun orangtuanya tidak akan kecewa. Jangan sampai masa depan anak Anda suram karena kesalahan cara mendidik Anda. Jika Anda tidak ingin repot-repot mendidiknya, alangkah baiknya Anda memasukkan anak Anda ke pondok pesantren saja sebelum terlambat. Namun perlu diketahui bahwa pendidikan yang lebih utamakan dan lebih baik seharusnya yang memberikanya adalah orangtua itu sendiri yang lebih mengetahui karakter dari anak itu.
Sekian yang dapat kami bagikan, semoga berguna dan bermanfaat.

Koleksi Produk Lainnya :

Post a Comment

Terimakasih banyak atas kunjungan Anda, untuk komentar atau testimonial berupa saran dan kritik membangun, silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom yang telah tersedia dibawah ini. Terimakasih

 
Copyright © 2014. BukaBaju Template - Design: Gusti Adnyana